Jasa konsolidasi utang dari FLIN dengan memberikan Program Dana Talangan adalah salah satu solusi menarik bagi Anda yang ingin melunasi utang tanpa gali lubang tutup lubang, serta menata kembali kondisi finansial Anda.

Program ini bisa diakses siapa saja, namun tidak semua pengajuan akan disetujui. Ada beberapa alasan pengajuan ditolak oleh FLIN, seperti ketidaksesuaian kriteria ataupun karena tidak mengikuti persyaratan yang diberikan.

Agar pengajuan konsolidasi utang Anda tidak ditolak, mari pahami beberapa alasan-alasan penolakan berikut ini sehingga Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Kalkulator Program Dana Talangan

Dapatkan estimasi cicilan dan cek kelayakan Anda.

4.00%
24 Months
Kebutuhan primer, edukasi, dll.
Rp 0.00
Rp 0.00
Rp 0.00

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ajukan sekarang

Alasan Pengajuan Konsolidasi Utang FLIN Ditolak

Berikut ini beberapa alasan mengapa pengajuan konsolidasi utang Anda ditolak oleh FLIN:

1. Tujuan Klien yang Tidak Selaras dengan Program

Alasan pertama pengajuan konsolidasi utang ditolak adalah karena tujuan finansial klien tidak sesuai dengan prinsip dan nilai dari program FLIN.

Ketidaksesuaian tujuan tersebut antara lain:

Menganggap FLIN Layanan Pinjaman Tunai

Klien salah mengartikan Program Dana Talangan sebagai layanan pinjaman daring atau pinjol, di mana mereka mengira FLIN akan mentransfer uang talangan langsung ke rekening mereka.

Padahal, FLIN bukan layanan pinjol. Dana talangan yang diberikan tidak akan langsung ditransfer ke rekening klien, melainkan langsung ke bank atau lembaga keuangan tempat klien berutang.

Tidak Ada Niat Memperbaiki Kesalahan Keuangan

Klien tidak menunjukkan komitmen untuk memperbaiki kesalahan finansial di masa lalu, misalnya dengan tetap ingin mengambil pinjaman online untuk kebutuhan konsumtif.

Hal ini bertentangan dengan tujuan dan nilai utama FLIN yang bukan sekadar membantu melunasi utang, tapi juga mendorong literasi keuangan dan perubahan perilaku finansial ke arah yang lebih sehat.

Ada Indikasi akan Mengajukan Pinjaman Baru

Jika ditemukan klien masih berencana mengajukan pinjaman baru di masa mendatang. FLIN akan menolak pengajuan konsolidasi, karena mengindikasikan pemberian dana talangan tidak akan efektif.

Program Dana Talangan FLIN bertujuan untuk menyelesaikan utang dan membantu klien keluar dari siklus gali lubang tutup lubang, bukan membantu menambah jumlah kredit aktif.

2. Berkas Persyaratan Tidak Lengkap

Salah satu alasan pengajuan ditolak umumnya datang dari dokumen persyaratan yang tidak lengkap.

Padahal, kelengkapan dokumen ini sangat penting sebagai informasi bagi FLIN dalam mengenali risiko, tantangan, serta kemampuan calon klien dalam melunasi utang.

Adapun persyaratan dokumen yang dibutuhkan FLIN antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Swafoto
  • Rekening koran 6 bulan terakhir
  • Dokumen pajak tahunan (SPT)
  • Slip gaji 3 bulan terakhir

Ini adalah dokumen awal yang perlu diserahkan. Semua dokumen ini diserahkan dalam bentuk digital (PDF), pastikan dokumen juga jelas dan terbaca.

Jika ada dokumen yang tidak lengkap, maka FLIN akan menolak pengajuan konsolidasi utang.

Baca Juga: Cara Cetak Rekening Koran BRI, Bisa Lewat BRImo dan ATM

3. Jumlah Konsolidasi Melebihi Limit yang Diberikan

Pengajuan juga bisa ditolak jika jumlah pinjaman Anda melebihi limit maksimal yang bisa dikonsolidasikan oleh FLIN.

Saat ini jumlah utang yang bisa dikonsolidasikan di FLIN bervariasi, mulai dari Rp25 juta, Rp100 juta, hingga Rp300 juta. Jika ternyata total utang yang ingin Anda lunasi melebihi limit yang bisa diberikan FLIN, maka pengajuan otomatis ditolak.

4. Cicilan Bulanan Melebihi Kapasitas Pelunasan Klien

Saat klien mengajukan konsolidasi utang, tim credit analyst akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi finansial, mulai dari melihat laporan kredit, jumlah cicilan aktif, penghasilan rutin, dan pengeluaran bulanan.

Bila berdasarkan evaluasi ditemukan rasio utang terhadap penghasilan (Debt Burden Ratio-DBR) terlalu tinggi, maka pengajuan akan ditolak. Alasannya karena jumlah cicilan yang harus dibayar klien setiap bulannya melampaui batas aman kemampuan finansial mereka.

Kondisi seperti ini berisiko menambah tekanan finansial klien, bukan membantu. Oleh karena itu, FLIN akan menyarankan agar klien melakukan penyesuaian keuangan terlebih dulu sebelum mengajukan konsolidasi utang.

FLIN akan memberikan beberapa saran penyesuaian keuangan seperti:

  • Mengurangi pengeluaran yang tidak mendesak
  • Mencari pendapatan tambahan
  • Menyelesaikan beberapa utang kecil lebih dulu untuk mengurangi DBR 

5. Profil Pekerjaan Tidak Sesuai

FLIN juga mempertimbangkan profil pekerjaan calon klien. Hal ini guna memastikan calon klien memiliki penghasilan tetap untuk membayar angsuran bulanan setidaknya selama mengikuti Program Dana Talangan

FLIN mensyaratkan profil pekerjaan calon klien sebagai berikut:

  • Berstatus karyawan tetap (PKWTT) dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun dan/atau sudah bekerja selama 1 tahun di perusahaan saat ini.
  • Bagi karyawan kontrak (PKWT) diwajibkan terikat kontrak kerja minimal 2 tahun dan kontrak tersebut telah diperbarui dalam 1 tahun terakhir.

Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka pengajuan akan ditolak.

Baca Juga: Tips Jitu Cara Mengelola Keuangan Gaji 5 Juta, Wajib Paham!

6. Domisili di Luar Jangkauan FLIN

Saat ini layanan FLIN baru hadir di beberapa kota seperti:

  • Jabodetabek (Termasuk Karawang dan Purwakarta)
  • Bandung (Termasuk Cimahi, Subang, dan Sumedang)
  • Surabaya (Termasuk Sidoarjo, Malang, Mojokerto, dan Gresik)

Jika Anda berdomisili di luar jangkauan layanan FLIN, sayangnya kemungkinan besar pengajuan Program Dana Talangan tidak bisa diproses.

7. Tidak Memenuhi Persyaratan Setelah IPA Diterbitkan

IPA adalah In-Principle Approval, sebuah dokumen persetujuan konsolidasi utang.

Walau dokumen persetujuan konsolidasi sudah diterbitkan, bukan jadi jaminan bahwa Anda akan langsung mendapatkan Program Dana Talangan.

FLIN akan melakukan verifikasi data, dengan meminta beberapa dokumen, seperti:

  • Surat keterangan domisili
  • Surat keterangan kerja
  • Ijazah
  • NPWP
  • SPT
  • Kartu Keluarga

Semua salinan dari dokumen tersebut harus diserahkan dalam bentuk digital, maupun salinan fisik. Bila ditemukan ketidaksesuaian data, maka FLIN dapat membatalkan persetujuan. Pengajuan konsolidasi pun akan ditolak.

Selain perlu melengkapi dokumen, klien juga akan diminta persetujuan terkait dengan success fee sebesar 5% yang dibayar sekali saja, tepat sebelum proses disbursement dana talangan dilakukan. Bila klien keberatan dengan success fee ini, maka proses konsolidasi tidak bisa dilanjutkan. 

Nah, sekarang Anda sudah memahami secara rinci apa saja yang menjadi alasan pengajuan konsolidasi ditolak. Setelah mengetahui hal ini, semoga Anda bisa mempersiapkan segala persyaratan dengan baik, sehingga peluang Anda untuk bisa mendapatkan dana talangan dan bebas dari utang bisa tercapai.

Jika Anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut terkait solusi melunasi hutang, Anda bisa membaca informasi lengkapnya di website atau jangan ragu untuk menghubungi CS FLIN untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut dan mencari solusi alternatif yang sesuai dengan keadaan finansial Anda.

Ambil Langkah Pertama Menuju Hidup Bebas Utang

Pengelolaan pinjaman demi masa depan yang tenang bisa terselesaikan dengan mudah dan aman bersama FLIN

Ambil Langkah Pertama Menuju Hidup Bebas Utang