Syarat Dan Ketentuan

Beranda > Syarat Dan Ketentuan
1. Umum

(a) Dokumen ini (“Ketentuan”) merupakan perjanjian antara Anda dan PT FLIN Consultancy Indonesia, NIB (NIB 2210240310065) (“Perusahaan/Kami”), yang menetapkan syarat dan ketentuan yang mengatur penggunaan dan akses Anda atas: i. platform elektronik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Perusahaan (“FLIN”); dan ii. produk dan layanan yang ditawarkan oleh Perusahaan dan pihak ketiga yang bekerja sama dengan, atau bekerja sama dengan, Perusahaan melalui FLIN (“Layanan”).

(b) Versi Ketentuan yang berlaku saat ini akan tersedia melalui FLIN dan di situs web resmi Perusahaan di www.flin.co.id (“Situs Web”), dan Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa setiap pembaruan Ketentuan.

(c) Kebijakan Privasi kami juga mengatur cara penggunaan Layanan kami dan menjelaskan cara kami mengumpulkan, menjaga, dan mengungkapkan informasi yang dihasilkan dari penggunaan layanan kami oleh Anda.

(d) Perjanjian Anda dengan kami mencakup Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi kami (“Perjanjian”). Anda secara sadar telah membaca dan memahami Perjanjian, serta setuju untuk terikat oleh Perjanjian tersebut.

(e) Jika Anda tidak setuju dengan (atau tidak dapat mematuhi) Perjanjian, maka Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan. Harap beri tahu kami melalui email di support@flin.co.id sehingga kami dapat mencoba mencari solusi. Ketentuan ini berlaku untuk semua pengunjung, pengguna, dan orang lain yang ingin mengakses atau menggunakan Layanan kami.

(f) Meskipun kami dapat memberitahu Anda tentang perubahan signifikan yang kami buat pada Ketentuan dan Kondisi ini secara elektronik, Anda tetap bertanggung jawab untuk meninjau Ketentuan dan Kondisi ini secara berkala. Anda dapat melihat Ketentuan dan Kondisi terkini kami kapan saja di Situs Web dan/atau aplikasi kami. Semua amandemen, penambahan, dan revisi akan berlaku setelah dipublikasikan di Situs Web dan/atau aplikasi kami. Bila Anda menggunakan Layanan setelah kami menerbitkan amandemen, penambahan, atau revisi tersebut, Anda dianggap telah membaca dan menyetujui versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan kebijakan serta pedoman, pemberitahuan, surat edaran, dan pengumuman lainnya yang sewaktu-waktu kami terbitkan untuk Anda. Jika Anda tidak menyetujui amandemen, penambahan, atau revisi tersebut, Anda harus menutup Akun Anda dan berhenti menggunakan Layanan apa pun.

(g) Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku dan mengikat secara hukum pada tanggal yang telah ditentukan ketika: i. Pelanggan membuat Akun atau masuk secara elektronik ke platform kami, secara tegas menerima Perjanjian secara tertulis atau elektronik; atau ii. menggunakan Layanan dengan cara lain. Selanjutnya, Syarat dan Ketentuan ini akan terus berlaku hingga Anda mengakhiri penggunaan Akun atau Layanan. Persetujuan Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini akan menjadi konfirmasi bahwa Anda sepenuhnya memahami dan menerima semua ketentuan yang ada dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memahami salah satu dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda disarankan untuk mendapatkan nasihat hukum independen.

(h) Anda menyetujui bahwa dengan menggunakan Layanan kami maka Anda akan tunduk pada semua ketentuan wajib hukum yang berlaku. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk memahami dan mematuhi semua hukum, peraturan, dan regulasi negara asal Anda dan Yurisdiksi Akun yang mungkin berlaku bagi Anda sehubungan dengan penggunaan Layanan kami, yang akan mencakup, tanpa batasan, hukum yang mengatur layanan pembayaran, persyaratan anti pencucian uang atau anti pendanaan teroris, perlindungan konsumen, hukum perlindungan data, antidiskriminasi, perjudian, iklan palsu, penjualan atau pembelian ilegal atau pertukaran barang atau jasa apa pun, dan yang terkait dengan aktivitas ekspor/impor, pajak, atau pertukaran atau perizinan mata uang asing.

(j) Kami dapat sewaktu-waktu menutup, menangguhkan, atau membatasi akses Anda ke penggunaan Layanan jika kami menduga bahwa Anda mungkin telah melakukan pelanggaran terhadap Perjanjian ini atau perjanjian lain yang Anda buat dengan kami atau sesuai dengan pemantauan hak milik yang digunakan oleh kami saat menilai risiko yang terkait dengan aktivitas transaksi Anda.

(k) Kami dapat menutup Akun Anda jika akun Anda menjadi tidak aktif.

(l) Anda mengakui dan setuju bahwa FLIN berhak mengakses dan mengungkapkan data pribadi yang berkaitan dengan Anda kepada pihak ketiga untuk mematuhi semua hukum yang berlaku dan permintaan sah dari pemerintah dan/atau otoritas regulasi lainnya, dan/atau untuk menyediakan layanan FLIN atau melindungi FLIN, pelanggannya, dan pengguna lainnya.

(m) Ketentuan ini bersifat berkelanjutan.

2. Kelayakan

(a) Agar memenuhi syarat untuk menggunakan FLIN dan/atau Layanan, Anda harus: i. berusia minimal 18 (delapan belas) tahun pada saat mengakses dan/atau menggunakan FLIN dan/atau Layanan; dan ii. memiliki kapasitas hukum untuk menerima Ketentuan berdasarkan hukum yang berlaku bagi Anda; atau iii. dalam hal badan hukum selain individu, memiliki kapasitas hukum penuh (termasuk memperoleh persetujuan yang diperlukan) untuk menerima Ketentuan.

(b) Dengan mengakses dan/atau menggunakan FLIN, Anda menyatakan dan menjamin kepada Perusahaan bahwa Anda adalah Pengguna yang Memenuhi Syarat.

(c) Meskipun menjadi Pengguna yang Memenuhi Syarat, Perusahaan berhak untuk membatasi akses dan/atau penggunaan Anda atas FLIN dan/atau Layanan sesuai dengan Ketentuan atas kebijakan Perusahaan semata.

3. Pengiriman Data

Anda bertanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa setiap data, dokumen, atau informasi lain, baik elektronik maupun lainnya, yang Anda kirimkan kepada Perusahaan atau melalui FLIN dan/atau Situs Web: i. lengkap, benar, dan akurat dalam segala hal setiap saat; ii. jika berlaku, diberikan dalam waktu yang wajar; iii. tidak salah, menyesatkan, atau menipu dalam hal apa pun setiap saat; dan iv. tidak menghilangkan apa pun yang memengaruhi atau mungkin memengaruhi makna atau signifikansi data, dokumen, atau informasi lain tersebut dalam hal apa pun setiap saat.

4. Kepatuhan terhadap Ketentuan dan Hukum yang Berlaku

Dalam mengakses dan/atau menggunakan FLIN dan/atau Layanan, Anda setuju bahwa hal tersebut merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya untuk memastikan kepatuhan Anda terhadap hal-hal berikut setiap saat: i. Ketentuan; dan ii. setiap hukum dan peraturan yang berlaku (baik di dalam maupun di luar Indonesia).

5. Pengumpulan Data

(a) Untuk mengakses dan/atau menggunakan Layanan secara penuh, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun di Perusahaan (“Akun”), yang mengharuskan Anda untuk memberikan kami data yang berkaitan dengan Anda, termasuk: i. nama lengkap resmi Anda; ii. tanggal lahir; iii. alamat tempat tinggal/terdaftar; iv. nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk); vi. rincian kontak, termasuk alamat email dan nomor Ponsel  Anda yang dapat dihubungi; vii. informasi lain yang mungkin diperlukan untuk memverifikasi data yang Anda berikan

(b) Anda dapat merujuk ke Kebijakan Privasi Perusahaan yang tersedia di www.flin.co.id untuk perincian tentang cara Perusahaan mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, dan melindungi data pribadi yang dimiliki Perusahaan.

(c) Perusahaan berhak meminta informasi lebih lanjut dari Anda terkait dengan Akun Anda (baik yang aktif maupun yang tidak aktif) kapan saja.

6. Kewajiban Pengguna

(a) Aktivitas Terlarang:

Anda tidak boleh terlibat dalam aktivitas penipuan atau menyalahgunakan Layanan dengan cara apa pun.

Anda tidak boleh menggunakan Layanan untuk tujuan yang melanggar hukum, termasuk namun tidak terbatas pada pencucian uang, pendanaan terorisme, atau aktivitas kriminal lainnya.

Anda tidak boleh mencoba mendapatkan akses tidak sah ke bagian mana pun dari FLIN atau sistem atau jaringan terkaitnya.

7. Pengumpulan Data dan Privasi

(a) Data Pribadi dan Keuangan yang Dikumpulkan:

  1. KTP
  2. NPWP
  3. Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak (SPT)
  4. Informasi Rekening Bank
  5. Rekening Koran
  6. Surat Keterangan Kerja
  7. Ijazah Pendidikan
  8. Slip Gaji
  9. Riwayat Kredit
  10. Rincian Pinjaman yang Belum Dibayar

(b) Penggunaan Data:

  1. Memverifikasi identitas dan kelayakan Anda untuk layanan kami.
  2. Menilai profil keuangan dan kelayakan kredit Anda.
  3. Memproses dan mengelola keringanan utang dan aplikasi pinjaman Anda.
  4. Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk pelaporan kepada otoritas terkait.
  5. Meningkatkan layanan kami untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan lebih baik.

(c) Perlindungan Data:

  1. Enkripsi: Semua data sensitif dienkripsi selama transmisi dan penyimpanan.
  2. Kontrol Akses: Hanya personil berwenang yang memiliki akses ke data Anda.
  3. Minimalisasi Data: Kami mengumpulkan dan menyimpan hanya data yang diperlukan untuk tujuan yang telah diuraikan.
  4. Audit Keamanan Rutin: Sistem kami diuji dan diaudit secara berkala untuk memastikan kepatuhan terhadap standar perlindungan data.

(d) Berbagi Data:

Kami tidak menjual, menyewakan, atau memperdagangkan data pribadi Anda kepada pihak ketiga. Kami dapat membagikan data Anda dalam perjanjian yang ketat dan rahasia dengan yang berikut ini:

  1. Otoritas Hukum Setempat: Untuk mematuhi persyaratan hukum.
  2. Biro dan Penyedia Layanan: Untuk menyediakan dan meningkatkan Layanan kami.
  3. Mitra Bisnis: Untuk kegiatan pemasaran dan promosi bersama.
  4. Penasihat Profesional: Termasuk pengacara, auditor, dan perusahaan asuransi.
  5. Platform dan Pemberi Pinjaman: Untuk mengatur utang dan pinjaman sesuai yang disetujui dalam Persetujuan Prinsip (IPA) atau Syarat dan Ketentuan

(e) Penyimpanan Data:

Data pribadi Anda akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang diuraikan di atas, atau sebagaimana diwajibkan oleh hukum yang berlaku. Setelah periode penyimpanan berakhir, data Anda akan dihapus atau dianonimkan dengan aman.

(f) Hak Anda:

Anda berhak untuk:

Mengakses, memperbarui, atau mengoreksi data pribadi Anda.

Menarik persetujuan untuk penggunaan data tertentu, jika berlaku.

Meminta penghapusan data pribadi Anda, tunduk pada persyaratan hukum.

Untuk melakukan hak-hak Anda tersebut, silakan hubungi kami di support@flin.co.id.

8. Pendanaan dan Transaksi

(a) Metode Pendanaan Akun:

Peminjam disiapkan dengan rekening tabungan aktual (RDP). Jika diperlukan, mereka dapat mengunjungi cabang dan mendapatkan laporan rekening.

Pemindahan uang dilakukan melalui sistem pembuat/pemeriksa melalui API. Pembuatnya adalah FLIN dan pemeriksanya adalah peminjam. Ini adalah rekening eskro dimana peminjam tidak dapat memindahkan uang kecuali FLIN yang mengatur pemindahan tersebut.

(b) Batas dan Prosedur Transaksi:

Tidak ada batasan transaksi. Jumlah utang dinegosiasikan dan diselesaikan dengan pemberi pinjaman, atau lembaga keuangan tempat peminjam mengambil utangnya yang ada.

(c) Biaya yang Terkait dengan Transaksi dan Layanan:

Rincian semua biaya akan diberikan selama proses aplikasi dan akan tercantum secara transparan dalam Persetujuan Prinsip (IPA) dan perjanjian pinjaman.

  1. Biaya Keberhasilan (Biaya Penataan Variabel)
  2. Jumlah Kapitalisasi
  3. Biaya Pemrosesan
9. Penghentian Sementara dan Pemutusan Akun

(a) Ketentuan Penghentian Sementara atau Pemutusan:

  1. Tidak mematuhi ketentuan dan klausul.
  2. Tidak membayar cicilan bulanan dan melarikan diri.
  3. Terlibat dalam kegiatan penipuan atau penyalahgunaan layanan.
  4. Melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

(b) Proses Penutupan Rekening:

Rekening akan berhasil ditutup setelah peminjam melunasi semua jumlah pinjaman yang belum dibayar, baik melalui pembayaran di muka atau dengan menyelesaikan semua cicilan sebagaimana disebutkan dalam perjanjian pinjaman.

12. Tanggung Jawab dan Ganti Rugi

(a) Batasan Tanggung Jawab FLIN:

Sejauh diizinkan oleh hukum, Perusahaan, FLIN, direktur, pejabat, karyawan, dan agennya tidak bertanggung jawab atas segala kerugian langsung, tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial, atau teladan, termasuk namun tidak terbatas pada ganti rugi atas hilangnya keuntungan, reputasi baik, penggunaan, data, atau kerugian tidak berwujud lainnya, yang diakibatkan oleh:

  1. Penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Layanan;
  2. Akses tidak berizin atau perubahan transmisi atau data Anda;
  3. Pernyataan atau tindakan pihak ketiga mana pun pada Layanan;
  4. Hal lain apa pun yang berkaitan dengan Layanan.

(b) Kewajiban Ganti Rugi Pengguna:

Anda setuju untuk mengganti rugi, membela, dan membebaskan Perusahaan dan FLIN, direktur, pejabat, karyawan, dan agennya dari dan terhadap semua klaim, ganti rugi, kewajiban, kerugian, tanggung jawab, biaya atau utang, dan pengeluaran (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya pengacara) yang timbul dari:

  1. Penggunaan dan akses Anda ke Layanan;
  2. Pelanggaran Anda terhadap ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini;
  3. Pelanggaran Anda terhadap hak pihak ketiga mana pun, termasuk tanpa batasan hak cipta, properti, atau hak privasi apa pun;
  4. Setiap klaim bahwa penggunaan Layanan oleh Anda menyebabkan kerugian pada pihak ketiga.
13. Perubahan pada S&K

(a) Bagaimana dan Kapan S&K Dapat Diubah:

FLIN berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan ini kapan saja. Kecuali dinyatakan lain, perubahan akan berlaku segera setelah diposting di situs web. Anda bertanggung jawab untuk meninjau Syarat dan Ketentuan ini secara berkala.

(b) Proses Pemberitahuan Pengguna untuk Perubahan:

Perusahaan dan FLIN tidak bertanggung jawab untuk memberitahu pengguna tentang perubahan apapun pada Syarat dan Ketentuan. Pengguna harus memeriksa Syarat dan Ketentuan secara berkala untuk mengetahui perubahan apa pun.

14. Lain-lain

(a) Pengalihan Hak dan Kewajiban:

Perusahaan dan FLIN dapat mengalihkan hak dan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak manapun tanpa pemberitahuan Anda. Tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Perusahaan dan FLIN, Anda tidak dapat mengalihkan hak atau kewajiban Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.

(b) Klausul Keterpisahan:

Jika ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dianggap tidak sah atau tidak dapat diberlakukan oleh pengadilan yang berwenang, ketentuan tersebut akan dipisahkan dari sisa Syarat dan Ketentuan, yang akan tetap berlaku penuh.

(c) Pengabaian Hak:

Kegagalan Perusahaan dan FLIN untuk menegakkan hak atau ketentuan apa pun dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengabaian hak atau ketentuan tersebut Pengabaian terhadap ketentuan apa pun dalam Syarat dan Ketentuan ini hanya akan berlaku jika dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh pihak dari FLIN.

(d) Terjemahan dan Konflik Antar Versi:

Syarat dan Ketentuan ini dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain demi kenyamanan Anda. Namun, versi Bahasa Indonesia akan berlaku jika terjadi konflik atau perbedaan antara versi Bahasa Inggris dan versi terjemahan dari Syarat dan Ketentuan ini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan layanan FLIN, Anda setuju untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan klarifikasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di care@flin.co.id.

Informasi Kontak:

Nama Perusahaan: PT FLIN Consultancy Indonesia, beroperasi dengan nama merek FLIN

Nomor Registrasi Perusahaan: NIB 2210240310065

Alamat Kantor Fisik: PT FLIN CONSULTANCY INDONESIA, Sopo Del, Tower B, Lantai 22, Jakarta Selatan 12950

Email Kontak:  care@flin.co.id

Nomor Telepon: +62(8) 1905 30 1234